PTK SD Kelas IV
PTK SD Kelas IV
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOERATIF TIPE SNOWBALL THROWING SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI MALANGBONG GARUT
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOERATIF TIPE SNOWBALL THROWING SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI MALANGBONG GARUT
PENELITIAN TINDAKAN KELAS
MENINGKATKAN
HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS)
MELALUI
MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL
THROWING
SISWA
KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI
MALANGBONG GARUT
ABSTRAK
Penelitian
ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS melalui model pembelajaran
kooperatif tipe Snowball Throwing kelas IV SDN Malangbong Garut.
Jenis
penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan model Kemmis dan
Mc.Taggart. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri
dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek pada penelitian
ini adalah siswa kelas IV SD N Malangbong Garut yang berjumlah 27 siswa, yang
terdiri dari 13 siswa laki–laki dan 14 siswa perempuan. Metode pengumpulan data
pada penelitian ini melalui observasi dan tes hasil belajar. Instrument
penelitian yang digunakan berupa lembar observasi dan soal tes. Sebelum
digunakan dalam penelitian, lembar observasi dan tes di validasi secara expert
judgement. Soal yang sudah dinyatakan valid dan reliable digunakan dalam
penelitian. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif
kualitatif dan kuantitatif. Data yangberkaitan dengan observasi dianalisis
secara kualitatif sedangkan data dari hasil tes dianalisis secara kuantitatif
persentase.
Hasil
penelitian ini menunjukkan bahwa dengan digunakannya model pembelajaran
kooperatif tipe Snowball Throwing dalam pembelajaran IPS dapat meningkatkan
hasil belajar IPS. Peningkatan tersebut dibuktikan dengan hasil tes pratindakan
ada 6 siswa atau 22,222% dari seluruh siswa yang mendapat nilai ≥65. Setelah
dilakukan tindakan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing
di siklus I, hasil tes pada siklus I ada 12 siswa atau 46,154% dari seluruh
siswa yang mendapat nilai ≥65. Demikian pula setelah dilakukan perbaikan dengan
memvariasi model pembelajaran di siklus II dengan pengundian materi pada tiap kelompok
dan penggunaan bola plastik untuk menempelkan pertanyaan yang akan dilemparkan,
dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa, ditandai ada 23 siswa atau88,462%
dari seluruh siswa yang mendapat nilai ≥65. Nilai rata – rata hasil
tesmeningkat, pada siklus I yaitu 61,79 sedangkan pada siklus II yaitu 72,69.
PTK SD Kelas IV
Reviewed by Unknown
on
21:25
Rating:

No comments: